Sabtu, 27 Januari 2018

Jualan? siapa takut!

Everyday is selling day 
Halo semuanya, semoga teman-teman dalam keadaan sehat dan tentunya diberikan rezeki yang berkah dan berlimpah. pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang sales ya teman-teman tidak salah baca, dan bagi teman-teman yang berprofesi sebagai marketing, bisnis MLM, agent asuransi, properti, perbankan atau bahkan bisnis online wajib baca ini sampai habis, karena apa? setelah teman-teman membaca artikel ini sampai habis teman-teman akan mendapatkan rahasia bagaimana membuat konsumen teman-teman semua suka dengan anda dan tentunya membeli produk atau jasa dari Anda. 

Sebelumnya saya akan luruskan dahulu tentang kegiatan jual beli atau marketing atau sales, karena bagi sebagian orang pekerjaan seperti itu dipandang sebelah mata parahnya lagi kadang orang tidak mau bekerja sebagai sales, marketing atau jualan. padahal pandangan atau pemikiran tersebut adalah sebuah mental block yang harus kita hancurkan. karena apa? karena setiap apapun yang kita kerjakan diawali dengan jualan. contohnya :
  • Ketika kita ingin melamar kerja, kita persiapkan CV dengan bagus, lalu wawancara kerja, jika wawancaranya berhasil meyakinkan HRD maka kita diterima jika tidak ya wasalam cari kerja lagi.
  • Sidang sekripsi juga termasuk jualan, karena jika kita tidak bisa meyakinkan penguji  bahwa karya ilmiah kita ini layak maka kita tidak akan lulus.
  • Menikah, jika kita tidak bisa meyakinkan calon istri, calon mertua dan orang tua kita maka kita tidak akan pernah menikah.
Jadi pada dasarnya semua kegiatan kita adalah jualan. jadi masih malas buat belajar tentang penjualan? lanjutkan membaca ya karena semakin teman-teman membaca maka teman-teman akan semakin penasaran.

Semua orang sukses berawal dari jualan, gak percaya?
  • Joseph Samuel Gerard atau sering kita kenal dengan Joe Gerard meskipun dia penulis buku yang handal dan selalu masuk best seller namun ia lebih dikenal sebagai  the Guinness Book of World Records as the world's greatest salesman
  • Steven Paul Jobs atau lebih terkenal dengan Steve  Jobs dia terkenal dengan Sales man terbaik dibandingkan dengan perancang teknologi.
  • Nabi Muhammad SAW mengawali karirnya dengan berdagang bahkan perjalannan dagangnya hingga luar negeri.
Jadi tidak ada yang salah dengan berdagang, marketing, sales dll karena itu adalah perbuatan yang mulia. maka ketika teman-teman galau dengan profesi sebagai marketing dan sales maka ingatlah bahwa.

Menjual adalah aktifitas menolong orang yang dibayar
Itu artinya, apapun yang terjadi dilapangan adalah sesuatu yang sangat biasa karena dari awal juga niatnya dalah menolong. jadi apapun respon konsumen entah itu ditolak, di cuekkin atau bahkan di PHPin, kita harus tetap semangat karena niat kita sudah benar masalah diterima atau tidak itu terserah konsumen.

Sayangnya, mental itu saja tidak cukup kita juga harus memiliki tehnik dan strategi untuk melakukan penjualan. oleh karenanya kita harus terus belajar dan terus praktek dalam melakukan penjualan. Ada 4 tahapan orang ingin beli kepada anda, apasaja itu?
  • Seberapa nyaman konsumen dengan kita. Sebelum orang membeli sesuatu kepada kita mereka akan menilai siapa kita terlebih dahulu, oleh karenanya pada saat pertemuan pertama berikanlah kesan yang baik didepan konsumen. karena sebelum mereka membeli mereka harus percaya dulu kepada penjualnya.
  • Buat konsumen tertarik dengan produk kita. ketika konsumen sudah nyaman dengan kita, maka kita harus membuat konsumen tertarik dengan produk yang kita jual. dengan mengalihkan fokus bahasan maka kita akan lebih banyak bercerita tentang produk yang kita jual.
  • Buat konsumen merasa butuh dengan produk kita. di tahapan ini kita harus sebisa mungkin membuat konsumen butuh dengan produk yang kita jual. karena jika kita berhasil melewati bagian ini maka 90% kita akan melakukan transaksi.
  • Buat konsumen Membeli produk yang kita jual. di tahapan ini kita melakukan tahap akhir dimana kita harus bisa meyakinkan calon konsumen kita untuk melakukan pembelian.
Itulah tahapan kenapa orang memutuskan membeli sesuatu dari kita, oleh karenanya sebelum melewati 4 tahapan itu kita tidak boleh menyerah apalagi putus asa. Sayangnya, kebanyakan marketing atau penjual melakukan bahasa dan pendekatan yang sama pada setiap tahapan tersebut. padahal setiap tahapan memiliki bahasa dan pendekatan yang berbeda.

Ingat, 85% orang tidak suka dijuali, namun 95% orang paling suka mendengarkan cerita.

 Bersambung............



 Dokumentasi Pelatihan Sales & Marketing Bersama BPR Nusamba

NB: Saya akan melanjutkan artikel ini di postingan selanjutnya, dengan syarat artikel ini sudah di dibaca oleh 100 orang. jadi jangan lupa untuk share artikel ini ya biar postingan selanjutnya bisa muncul ^_^

 
Sumber: http://davotmarbun.blogspot.com/2011/11/cara-membuat-tombol-next-page-pada-blog.html#ixzz3WnpswhEI