Selasa, 23 Agustus 2016

3 Alasan Utama Belajar Public Speaking

Ada 3 alasan utama orang belajar public speaking;

1. Karena ingin mengatasi / mengontrol kegugupan di depan umum.

Bayangkan jika kita terlihat begitu nervous dan gemetar di hadapan audiens kita sendiri? Suara terdengar bergetar dan parau, tangan berkeringat, jantung berdegub kencang, bahkan cara berdiri pun terlihat tidak menyenangkan, seakan mau pingsan di atas panggung. Jika hal itu terjadi, bagaimana kita bisa meyakinkan orang-orang yang ada di hadapan kita, atau setidaknya bagaimana kita bisa menyampaikan maksud dan tujuan dengan tepat sasaran?
Maka berlatih Public Speaking adalah salah satu obat untuk seseorang yang memiliki kecenderungan gugup ketika berbicara di hadapan orang lain.


2. Karena ingin bisa berpikir jernih ketika berdiri di depan umum.

Masalah terbesar seseorang ketika berbicara di depan umum adalah ketika mereka kehilangan ide, gagasan, atau poin-poin yang harus disampaikan. Contoh umumnya saja, kalian pasti tau stand up comedy? Nah, mereka yang melakukan stand up comedy selalu punya materi yang harus mereka bawakan, tidak serta merta cuap-cuap tanpa materi. Tidak jarang mereka pun harus berdiri berjam-jam di depan cermin untuk melatih materi dan gesture yang akan mereka bawakan di hadapan para penontonnya saat di atas panggung. Lalu apa jadinya ketika mereka lupa materi mereka sendiri? Kemungkinan terburuknya adalah mereka kehilangan kata-kata di atas panggung, atau justru menyampaikan materi lain yang jelas tidak sesuai dengan materi mereka yang sebelumnya.

Tapi ketika mereka punya keahlian public speaking yang baik, mereka pasti bisa mengarahkan audience yang ada di hadapan mereka, tanpa perlu mempermalukan diri mereka sendiri. Mereka akan dapat berpikir jernih dan mencari cara untuk mengingat kembali materi stand up comedynya, atau membuat bagaimana caranya audince dapat tetap menikmati omongannya di atas panggung. Di sinilah, public speaking menjadi penting.


3. Karena ingin bisa berbicara dengan penuh percaya diri dan tenang di depan umum / orang banyak.

Contoh nyatanya; Obama. Presiden kulit hitam pertama di Amerika itu punya kemampuan public speaking yang begitu baik, sehingga bahkan dia mampu meyakinkan calon pemilihnya yang tidak satu warna kulit dengannya, untuk bisa memilih dia sebagai pemimpin negara adidaya tersebut. Apakah itu mudah? Tentu saja tidak, karena dulu kaum negro hanyalah budak dan selama puluhan tahun menerima perlakuan rasis dari orang-orang kulit putih di AS. Sekarang memang sudah tidak lagi, tapi berani menjadi seorang pemimpin di negara besar dan datang kalangan minoritas bukanlah hal yang sederhana. Kalau itu mudah, tentu saja tidak hanya Obama yang akan berani maju mencalonkan diri sebagai presiden. Tapi ribuan orang kulit hitam Amerika lainnya. Kepercayaan diri Obama sangat menguntungkan tujuannya sebagai presiden Amerika. Dia tidak pernah menonjolkan bahwa dia adalah kaum minoritas, atau sisi di mana warna kulitnya adalah hal yang patut dijadikan perhitungan pemilih.

Mungkin sulit untuk menjadi sehebat Obama, tapi perlu digaris bawahi bahwa “kepercayaan diri” adalah hal yang dibutukan oleh manusia mana pun. Tidak terkecuali oleh kamu yang sedang membaca artikel ini.

Itulah beberapa alasan utama kenapa seseorang ingin belajar public speaking.

Untuk Anda yang berada di wilayah priangan timur yang ingin belajar Public Speaking, silakan daftarkan diri Anda di Sekolah Komunikasi Miracle yang beralamat di LCC Building lantai 2, Komplek Mayasari Plaza Jl. Pasar Kulon No. 7/3 Tasikmalaya. Atau Hubungi kang Asep Muslimin 085351745199 / 081323345456

 
Sumber: http://davotmarbun.blogspot.com/2011/11/cara-membuat-tombol-next-page-pada-blog.html#ixzz3WnpswhEI